Tuesday 29 October 2013

Motorola Umumkan Proyek Ara, Proyek Smartphone dengan Spesifikasi Hardware Modular yang Bisa Diupgrade (Dirakit

Smartphone Motorola X yang baru-baru ini diluncurkan hadir dengan desain yang bisa dikustom sesuai keinginan. Dan kini, Motorola menghadirkan proyek yang memungkinkan kustomisasi lebih tinggi, di mana pengguna smartphone bisa mengganti hardware sesuai keinginan.
Anda pernah merakit PC atau membeli PC rakitan? Nah dengan adanya proyek ARA ini ke depan kita bisa dengan leluasa memilih komponen smartphone yang kita inginkan, bahkan mungkin tidak menutup kemungkinan kita bisa merakit smartphone sendiri di masa depan.
Proyek tersebut diperkenalkan dengan nama Proyek Ara. Tujuan dari proyek ini adalah menciptakan platform open hardware untuk menciptakan smartphone modular. Dengan proyek ini, Motorola pun menginginkan yang telah dilakukan Google terhadap Android. Bedanya, jika Android berupa software, maka Ara berupa hardware.
Ide proyek ini adalah membangun sebuah smartphone dengan berbasiskan pada sebuah endoskeleteon dan berbagai jenis modular. Modular tersebut pun bisa saja terdiri dari berbagai hal, dari keyboard, display, prosesor, kamera, baterai dan lain-lain. Dengan begitu, sebuah smartphone di proyek Ara ini diposisikan sama dengan PC saat ini. Di mana penggunanya bisa dengan sesuka hati mengubah spesifikasinya, dari jenis prosesor, RAM dan lain-lain.
Proyek ini sendiri mirip dengan Phoneblocks yang dibangun oleh desainer Dave Hekkens. Proyek Phoneblocks tersebut pun sudah mendapatkan dukungan dari 1 juta orang. Dan dengan penanganan yang lebih serius oleh Motorola, nampaknya bakal lebih banyak pendukung yang didapatkan.

0 comments:

Post a Comment